MUHASABAH

Ini MUHASABAH..Karena HIDUP harus BERKAH

Apa Itu Muhasabah?

Muhasabah itu artinya Intropeksi diri, atau merenung barang sejenak sambil mengigat perbuatan masa lalu, terutama dosa dan maksiat yang pernah dilakukan.
Dengan kata lain, Muhasabah itu merenung, bertafakur melihat kilas balik semua perbuatan yang telah dilakukan. Baik berupa amal soleh atau keburukan dan apakah saat ini  sudah lebih baik dari sebelumnya?? Ataukah memang lebih buruk dari masa lalu?? Agar Muhasabah ini menjadi barometer untuk kehidupan masa datang.

Apa Penting Muhasabah itu???
Sangat penting sekali karena dengan Muhasabah ada tuntutan agar ketaatan bisa terus ditingkatkan sedang keburukan/dosa bisa dihindarkan.

Coba Mana Dalil pentingnya Muhasabah?
” Hai orang-orang yang beriman,bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan (MUHASABAH)  apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah,Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18)

Apa penafsiran Ulama tentang ayat ini?
Ibnu Qayyim mengatakan:
“Ayat ini menunjukan kewajiban melakukan Muhasabah.”
Sedangkan Ibn Katsir menyatakan,”Intropeksi lah kalian, sebelum kalian diperhitungkan. Persiapkan diri kalian dengan baik dengan berbagai macam amal soleh sebagai bekal hari esok.”

Coba terangkan penting nya Muhasabah dari sekali lagi?
Seseorang itu pasti tahu apa keburukan atau dosa yang pernah dilakukan nya. Meskipun dia berupaya menutupinya dari yang lainnya, namun pastinya di hari kiamat nanti tidak ada satupun yang bisa ditutupi di hadapan Allah Swt. Dengan demikian ketika ia merenung bahwa banyak sekali dosa yg pernah dilakukan nya tentu nya dia akan berusaha taubat, dan memperbanyak amal soleh untuk menghapus atau mengganti dosa yang pernah dilakukan nya.

Apakah ada hadist Nabi yang menerangkan penting nya Muhasabah itu?
Banyak sekali hadist-hadist yang menarangkan pentingnya Muhasabah, diantaranya:

Orang cerdas itu adalah yan gmampu menagih dirinya (Muhasabah) dan beramal untuk hari akhirat. Orang bodoh itu adalah orang yang mengikuti hawa nafsu dan berkhayal terhadap Allah.” (HR.Tirmizi)

Bagaimana komentar Sahabat Nabi Saw tentang Muhasabah??
Umar bin Khottob ra pernah mengatakan:
” Perhitungkan dirimu (Muhasabah) sebelum kau diperhitungkan. Timbangkagdirimu sebelum kau ditimbang. Karena yang paling ringan perhitungan nya hariesok kelak adalah orang suka Muhasabah semasa hidup nya. Karena di hari kiamatnanti tidak ada satupun yang tersembunyi.” (HR. Ahmad, Tirmizi, Ibn Al-Jauzi,Ibn Qoyiim)

Bagaimana pandangan Ulama Solih tentang Muhasabah itu?
Salah satunya pernyataan Hasan al-Bashri:

“Sungguh seorang hamba itu (harusnya) selalu dalam kebaikan, selama ia menjadi penasehat bagi jiwa nya. Oleh karena itu Muhasabah penting sekali dikerjakan.”

Ok..ok Saya mengerti,,Cob aperbuatan apa yang bisa membantu, agar saya bisa dengan mudah ber Muhasabah??
Harus merasakan, dan harus yakin bahwa kita diawasi oleh Allah. Dan harus yakin bahwa apapun dosa yang telah diperbuatnya pastilah Allah tahu, meskipun seluruh manusia tidak mengetahuinya. Ataupun meski di sembunyikan dengan rapat pasti diketahui Allah Swt.

Harus yakin pula bahwa akan ada hari akhir, hari pembalasan dimana semua amal akan diperiksa dan akan dibalas dengan adil.
Membaca sejarah Nabi Saw, para sahabat dan ulama terdahulu agar menjadi motivasi bagi diri untuk selalu memupuk amal soleh.

Semoga bermanfaat
Karya Ust. Ackmanz Lc

Bagikan tausiyah ini kepada teman-temanmu dengan meng-klik ‘bagikan’/’share’ dan undang temen2mu gabung dg klik ‘Invite Your Friends’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s