SABAR

– – – S A B A R – – –

Ketika kesulitan hidup sedang menderamu saat ini, maka bersabarlah. Ketika beban hidup serasa menghantam diri, maka bersabarlah, dan ketika semua orang tak memperdulikanmu, maka bersabarlah.

Sabar adalah solusi dari semua kesulitan. Ketika kita mampu untuk bersabar diri, maka pintu kesuksesan akan menganga di depan mata. Sabar memang perlu proses, dia tak datang tiba-tiba. Dia datang menghampiri diri kita setelah kita telah mengalami benturan-benturan hati yang membuatmu akhirnya sadar bahwa dirimu adalah milik Ilahi Robbi. Tinggal sebentar di bumi lalu pergi kembali.

Bersabaralah wahai diri!. Penderitaanmu pasti akan berakhir. Bersabarlah wahai diri!, pintu kebahagiaan pasti akan menghampirimu,
Bersabarlah wahai diri!, kesuksesan akan datang ketika engkau tak lelah dalam bekerja.  Berpeluh keringat dalam bekerja, dan menangis dalam doa. Kau pasrahkan seluruh hidupmu kepadaNya dan tak pernah putus asa untuk terus mencoba.

Berkali kita jatuh lekas berdiri jangan mengeluh,
Berkali kita gagal lekas bangkit dan cari akal.
Berkali kita sakit, jangan menjerit kepada manusia, tetapi menjeritlah kepada Tuhan pemilik bumi dan langit seraya memohon ampunan.
Dari dosa yang telah kita perbuat. Tuhan pasti telah memperhitungkan amal dan dosa yang kita perbuat. Allah pasti akan mengabulkan doa-doa kita.

Pada saat ini, banyak orang tak mau sabar. Ingin cepat selesai dalam menggapai kesuksesan. Ingin cepat selesai bila kesulitan menghadang. Percayalah, setiap kesulitan itu pasti ada jalan kemudahannya, hanya saja dibutuhkan kesabaran diri untuk menemui kemudahan itu. Dalam hidup saya sudah membuktikannya.

Ketika dirimu sedang merana, ketika dirimu bermuram durja, ketika dirimu malas bekerja,  ketika dirimu mengalami sakit, dan ketika dirimu merasa tak berguna, maka bersabarlah sambil terus instrospeksi diri, mengoreksi diri sendiri, dan tak menyalahkan orang lain.

Menyalahkan orang lain itu mudah, tapi menyalahkan diri sendiri itu sulit. Dibutuhkan kebesaran jiwa dan kelapangan hati. Bersabarlah wahai diri, bila engkau terus melakukan kebaikan. Tanpa pamrih dan dengan niat keikhlasan, maka bersabarlah akan datang pertolongan Allah. Cepat atau lambat!. Percayalah, hadiah pertama yang akan kau dapatkan dari melakukan kebaikan adalah kebaikan.

Allah akan menguji keimananmu.  Allah akan menguji ketegaranmu dalam susah dan senang. Setiap jiwa pasti akan diuji. Setiap nyawa pasti akan diambil pemiliknya. Semua diri pasti akan menghadapi mati. Sudahkah dirimu mempersiapkan hidup sesudah mati?

Kita sering tak sabar untuk mati, maka ada orang bunuh diri. Kita tak sabar untuk hidup kaya, maka banyak orang hidup dengan korupsi, kita tak sabar untuk menggapai kekuasaan, maka banyak penguasa lalim dan dzolim memakan uang rakyat. Kita tak sabar untuk mencapai keberhasilan, maka timbullah cara-cara instan untuk mencapai keberhasilan itu.

Ingatlah, tak ada sebuah kesuksesan atau keberhasilan tanpa usaha atau kerja keras. Sebab kita tidak tinggal di jaman abu nawas yang terkenal dengan 1001 malamnya atau di jaman aladin, yang semua tinggal “sim salabim abakadabra” minta kepada jin, lalu dipenuhilah permintaan kita. Kita tidak tinggal dalam dunia mimpi, tetapi kita tinggal dalam dunia nyata yang membutuhkan ambisi, kemampuan, dan usaha (AKU) untuk mencapai keberhasilan itu. Kita harus memiliki AKU yang kuat untuk mencapai kesuksesan hidup.

Akhirnya,  kunci dari kesuksesan hidup adalah sabar. Dengan sabar dunia terasa indah, dan dengan sabar hidup serasa berkah. Rahmat Allah senantiasa  menghiasi orang-orang yang mampu untuk bersabar diri.  Sudahkah engkau wahai diri termasuk barisan orang-orang yang sabar???

(repost from:wijayalabs.com dengan sedikit diedit)
Semoga Bermanfaat
Salam Santun Ukhuwah Karena_NYA

.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s